Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan

Manfaat Santan Kelapa
Santan merupakan cairan berwarna putih dengan tekstur yang sangat kental yang dihasilkan oleh parutan kelapa yang sudah diperas menggunakan air putih. Dari zaman dahulu hingga sekarang, santan kelapa kerap kali digunakan sebagai bahan masakan yang berguna untuk membuat masakan menjadi lebih sedap dan gurih. Namun taukah anda apakah manfaat santan kelapa yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan kita? Santan kelapa memiliki peran sangat penting pada pembentukan sistem imunitas alias kekebalan tubuh, pertahanan kepada berbagai macam penyakit, serta manfaat yang lain seperti yang akan kami paparkan di bawah ini.

Beragam Manfaat Santan Kelapa :

  1. Manfaat yang pertama yang bisa kita peroleh adalah nutrisinya. Santan ini kaya akan kandungan mineral, vitamin, elektrolit, potassium, khlorida, dan juga kalsium. Hanya dari santan inilah kita dapat memperoleh berbagai macam nutrisi yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita.
  2. Kaya akan kandungan asam laurat. Setengah dari kandungan asam lemak jenuh terdiri dari bahan asam laurat ini yang mempunyai khasiat untuk dijadikan sebagai anti bakteri, anti virus, anti jamur, dan juga anti mikroba. Dalam artian lain, santan ini juga bisa membantu kita untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh kita terhadap berbagai macam penyakit.
  3. Manfaat santan kelapa yang bisa kita dapatkan selanjutnya adalah lemak jenuh. Santan memiliki kandungan lemak jenuh yang terdiri dari asam lemak rantai pendek dan juga asam lemak rantai sedang. Kedua jenis lemak itu cepat berubah untuk dijadikan energi ketimbang menumpuk pada tubuh kita. Maka dari itu walaupun santan memiliki kandungan lemak jenuh, kita tetap dapat mengonsumsinya saat berada dalam program diet ketat.
  4. Meredakan penyakit yang kita derita. Bila kita sedang menderita penyakit radang tenggorokan ataupun bisul, kita bisa mencoba untuk mengonsumsi santan lebih banyak. Santan diyakini bisa meredakan gejala kedua penyakit itu.
  5. Sebagai pengganti susu. Salah satu manfaat tersembunyi yang dimiliki oleh santan kelapa ini adalah dapat dijadikan sebagai pengganti susu untuk kita yang mempunyai alergi kepada produk susu hewani seperti halnya susu sapi ataupun susu kambing. Selain itu, santan juga bebas akan gluten, bebas kedelai dan juga bebas kacang.
  6. Lalu manfaat santan kelapa yang terakhir untuk kesehatan tubuh kita adalah santan bisa dijadikan sebagai bahan alami perawatan kulit. Selain dapat dikonsumsi, santan juga baik guna membuat kulit kita yang kering dan keriput menjadi lebih lembab. Selain itu, santan juga dipercaya bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat rambut kita lebih halus dan menghindari kerontokan. Caranya adalah kita bisa membalurkan santan di kulit kepala dan rambut secara menyeluruh, diamkan beberapa saat dan bilas menggunakan air bersih serta shampoo yang sesuai dengan tipe rambut kita.
Ada banyak sekali manfaat santan yang bisa kita ambil dan manfaatkan untuk menjaga kesehatan kita. Dalam aspek lainnya pun bukan hanya santan yang bermanfaat tetapi ampas perasan santan juga dapat dijadikan tepung kelapa