Kandungan Air Kelapa

Kandungan Air Kelapa
Cocos nucifera, atau yang biasa kita kenal dengan nama kelapa, merupakan jenis tanaman palma yang memiliki segudang manfaat. Dari daun kelapa hingga tempurung kelapa, seluruh bagian dari tanaman ini memiliki sumbangsih yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat. Kandungan air kelapa sendiri dipercaya mampu mengatasi beberapa keluhan penyakit. Konon dalam kitab suci agama Hindu, Kitab Weda, pohon kelapa dianggap pohon suci karena dipercaya mampu memanjangkan umur, membawa kedamaian dan kesehatan.  Sebegitu besarnya manfaat air kelapa bagi tubuh manusia sehingga beberapa produsen minuman suplemen mengeluarkan produk minuman isotonik yang mengandung air kelapa. Di Indonesia sendiri, air kelapa dimanfaatkan sebagai bahan baku nata de coco (sejenis jelly). Selebihnya air kelapa hanya digunakan sebagai minuman menyegarkan yang dicampur buah kelapa atau jenis buah lain, sirup dan es. 


Kandungan Vitamin Air Kelapa


Dalam setiap butir kelapa, kadar air yang terkandung di dalamnya berbeda, tergantung ukuran buah kelapa. Umumnya jumlah air dalam setiap butir kelapa tidak kurang dari 250 ml. kandungan air kelapa pun tidak sama, tergantung umur dan jenis buah kelapa. Nilai kalori yang terkandung dalam air kelapa sekitar 17 kalori per 100 gram. Air kelapa mengandung sejumlah vitamin yang bermanfaat sekali untuk diserap tubuh yaitu vitamin C, asam folat, asam nikotinat (berperan dalam kesehatan kulit, sistem syaraf dan pencernaan), biotin (Vitamin B7), asam pantotenat (berperan dalam proses metabolisme tubuh) dan riboflavin (Vitamin B2).

Kandungan Mineral Air Kelapa

Selain itu, air kelapa juga mengandung protein, lemak, hidrat arang (karbohidrat), kalsium (potassium), zat besi, fosfor dan gula (terdiri dari glukosa, fruktosa dan sukrosa). Kadar air dalam buah kelapa kira-kira berjumlah 95,5 gram per 100 gram. Zat yang sangat berfaedah bagi tubuh manusia dalam kandungan air kelapa adalah asam amino. Menurut penelitian, asam amino dalam air kelapa memiliki jumlah yang lebih tinggi dibandingkan asam amino dalam susu sapi.

Kandungan air kelapa selanjutnya adalah asam amino dalam setiap butir air kelapa terdiri dari asam aspartat, arginine (membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan menghambat pertumbuhan sel tumor/kanker), lisin, leusin, tirosin (mampu menghambat penuaan sel dan membantu dalam mengobati depresi, kasus alergi dan sakit kepala), alanine (berperan dalam proses metabolisme), fenilalanin, serin, histidin (berguna dalam pengobatan yang berhubungan dengan syaraf pendengaran, kasus alergi, anemia, pembentukan leukosit dan eritrosit), sistin (berguna untuk kesehatan pankreas, mengurangi gejala alergi, penyembuhan luka bakar/operasi, meningkatkan aktifitas leukosit, mampu menstabilkan kadar gula dalam darah dan membantu proses metabolisme karbohidrat) dan asam glutamat.