8 Fakta tentang Khasiat Air Kelapa

Khasiat Air Kelapa
Tahukah Anda bahwa nenek moyang kita menggunakan air kelapa sebagai alternatif pengobatan tradisional. Air kelapa tidak hanya berguna untuk melepas rasa haus, namun juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Sebegitu besarnya khasiat air kelapa, sehingga salah satu produsen minumam isotonik mengeluarkan produk minuman isotonik yang mengandung air kelapa.

Berikut ini beberapa khasiat air kelapa untuk kesehatan :

  1. Ketika kita berolahraga atau melakukan aktifitas berat, kita akan mengeluarkan banyak cairan dalam tubuh melalui pernafasan, keringat dan urin. Cairan yang kita keluarkan mengandung natrium dan kalium yang biasa disebut dengan zat elektrolit. Karena mengandung natrium, kalium, kalsium dan magnesium maka air kelapa sangat bagus diminum untuk menggantikan cairan tubuh.
  2. Air kelapa tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak. Tidak perlu khawatir dengan berat badan jika kita sering mengkonsumsi air kelapa. Air kelapa dapat menjadi salah satu alternatif untuk menurunkan berat badan. 
  3. Walaupun air kelapa mengandung gula (terdiri dari glukosa, fruktosa dan sukrosa), namun air kelapa aman untuk dikonsumsi para penderita penyakit jantung dan diabetes.
  4. Potassium yang terkandung dalam air kelapa mampu melancarkan peredaran darah dan saluran cerna. Anda yang mengalami radang lambung dapat mengkonsumsi air kelapa karena berkhasiat meredakan peradangan. Selain itu, air kelapa pun dapat mengatasi diare dan muntaber.
  5. Air kelapa mengandung tannin (antidotum) gunanya untuk menangkal racun. Menurut penelitian, kandungan tannin dalam air kelapa hijau jauh lebih tinggi dibanding jenis kelapa lainnya. Orang-orang yang mengalami keracunan makanan atau obat kimia dapat mengkonsumsi air kelapa sebagai pertolongan pertama.
  6. Salah satu khasiat air kelapa lainnya adalah untuk menaikkan kadar trombosit  bagi penderita Demam Berdarah dan mampu mendinginkan suhu tubuh yang mengalami demam. 
  7. Khasiat air kelapa yang lain berhubungan dengan kecantikan. Mampu menumpas jerawat yang membandel, noda hitam dan kerutan di wajah, kulit kering, kaki pecah-pecah dan penyakit kulit seperti alergi, biduran, eksim dan lain-lain. Untuk kesehatan rambut, air kelapa juga dapat menghilangkan ketombe dan mengatasi masalah rambut rontok.  
  8. Air kelapa memiliki kandungan zat kalium dan klor yang bermanfaat bagi penderita kencing batu, infeksi urin dan penyakit ginjal lainnya. Orang yang terserang tifus pun dapat memetik manfaat dari kandungan kalium dan klor air kelapa.
Jadi, apakah Anda masih ragu mengkonsumsi air kelapa? Walaupun khasiat air kelapa bagi kesehatan sangat besar, konsumsilah air kelapa secukupnya saja. Perbaiki pola makan dengan memasukkan sayuran serta buah-buahan dalam menu Anda agar nutrisi yang diperlukan oleh tubuh terpenuhi.