Mengenal Manfaat Air Kelapa Muda

Manfaat Air Kelapa Muda
Air kelapa adalah salah satu bagian dari tanaman kelapa yang bernilai tinggi. Saat cuaca panas dan matahari bersinar terik, minum air kelapa terutama air kelapa muda luar biasa nikmatnya. Selain melepas dahaga, manfaat air kelapa muda tak terhitung jumlahnya.

Orang Jawa menyebut kelapa muda dengan sebutan Degan atau Kambil Enom (Kambil berarti kelapa dan Enom berarti muda). Sejak dahulu, air kelapa muda telah dikenal sebagai minuman yang menyehatkan. Hanya saja pamornya meredup seiring bermunculan produk-produk minuman bersoda, minuman berkafein, minuman bersuplemen atau jus buah.

Kandungan zat elektrolit dalam air kelapa telah diteliti secara ilmiah dan terbukti mengandung nilai gizi penting yang bermanfaat bagi tubuh. Maka tak heran, kini produsen-produsen minuman mulai melirik manfaat air kelapa untuk dijadikan produk dagang minuman energi mereka. Berikut adalah beberapa manfaat air kelapa muda :

1.    Mengganti cairan tubuh dan mencegah dehidrasi
Saat berolahraga atau melakukan kegiatan yang menguras keringat, tubuh kita akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Air kelapa muda mengandung zat elektrolit seperti klorida, sodium, potasium, kalsium, dan magnesium yang berguna untuk mengganti cairan yang hilang dari tubuh kita.

2.    Minuman alternatif untuk diet
Salah satu manfaat air kelapa muda adalah untuk membantu menurunkan berat badan yang berlebih. Air kelapa muda dikenal rendah kalori, rendah lemak dan bebas kolesterol.

3.    Meningkatkan daya tahan tubuh
suatu senyawa bernama asam lauric yang terkandung dalam ASI, juga ditemukan dalam kandungan air kelapa. Fungsinya untuk mencegah mikroba, bakteri dan jamur seta mampu meningatkan daya tahan tubuh.

4.    Sumber kesehatan
Ternyata air kelapa memiliki manfaat yang teramat penting dalam proses metabolisme tubuh. Air kelapa berguna untuk membantu pendistribusian nutrisi dan oksigen yang menyebabkan  lancarnya peredaran darah.

5. Membantu penyembuhan pasien DBD
Pasien DBD dapat memetik faedah air kelapa untuk menaikkan trombosit dalam darah.

6. Mengobati diare dan muntaber
Air kelapa melancarkan saluran cerna juga memiliki sifat anti racun yang dapat menetralisir keracunan dan peradangan organ tubuh.

7. Baik untuk kesehatan kulit
Asam amino yang terkandung dalam air kelapa membantu pembentukan jaringan kolagen yang sangat berguna untuk kesehatan kulit serta membantu penyembuhan penyakit kulit.

8. Membantu penyembuhan luka
Siapa sangka ternyata salah satu manfaat air kelapa muda adalah untuk menyembuhkan luka/koreng serta luka bakar.

9. Mengatasi penyakit ginjal
Apakah Anda penderita penyakit kencing batu atau infeksi urin? Nah, zat kalium dan klor yang terkandung dalam air kelapa mampu membantu penyembuhkan penyakit-penyakit tersebut.

Nilai manfaat air kelapa muda memang tak terbantahkan. Konsumsilah segala sesuatu secukupnya dengan tidak melupakan untuk mengkonsumsi sumber nutrisi lainnya.