Menelusuri Komposisi Air Kelapa

Komposisi Air Kelapa
Air kelapa merupakan salah satu obat tradisional yang diturunkan oleh nenek moyang kita. Ada banyak resep-resep pengobatan tradisional yang melibatkan manfaat dari air kelapa. Kelapa adalah tumbuhan khas negara tropis. Bahkan di Filipina, air kelapa merupakan bahan baku pembuatan jelly (nata de coco), cuka, alkohol dan minuman berenergi. Di Indonesia, air kelapa lebih banyak dikonsumsi sebagai minuman yang dicampur daging kelapa, buah-buahan, es dan sirup/gula merah. Nilai gizi dan mineral yang terkandung dalam komposisi air kelapa memiliki faedah yang sangat baik bagi kesehatan.

Senyawa kimia dalam air kelapa terdiri dari unsur makro dan unsur mikro. Unsur makro dalam air kelapa adalah hidrat arang (karbohidrat) dan nitrogen (berupa protein asam amino). Karbohidrat dalam komposisi air kelapa terdiri dari sukrosa, glukosa, fruktosa, inositol, sorbitol dan lain-lain. Walaupun mengandung gula (fruktosa, sukrosa dan glukosa), air kelapa terbukti aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Sedangkan nitrogen dalam air kelapa terdiri dari asam amino (kadarnya dalam air kelapa sangat tinggi melebihi kandungan asam amino yang ditemukan dalam susu sapi). Asam amino dalam air kelapa sendiri terdiri dari beberapa senyawa seperti alanine, serin, arginine, sistin dan alin. Senyawa-senyawa dalam asam amino ini sangat bermanfaat untuk metabolisme tubuh. Bahkan arginine dalam asam amino berguna untuk membantu pengobatan sel tubuh yang terkena tumor/kanker.

Sedangkan unsur mikro dalam komposisi air kelapa berupa kalium (potassium), kalsium, ferum, natrium, sulfur, fosfor, magnesium, sodium, klor dan cuprum. Semua mineral-mineral ini sangat bermanfaat bagi proses metabolisme manusia. Mineral-mineral ini adalah zat elektrolit pengganti cairan tubuh. Itulah mengapa air kelapa disebut juga minuman isotonik alami.

Selain itu, penelitian terhadap kandungan air kelapa pun menemukan adanya kadar vitamin C yang mengandung senyawa asam seperti asam folat (berfungsi untuk meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh yang nantinya berhubungan dengan daya tahan system imun), asam nikotinat, bitin, riboflavin dan asam pantotenat. Vitamin C bersama-sama senyawa dalam asam amino bermanfaat untuk kecantikan yaitu untuk membentuk jaringan kolagen dalam kulit.

Bahkan diketemukan pula adanya kandungan vitamin B kompleks dalam komposisi air kelapa. Manfaat vitamin B Kompleks bagi tubuh kita adalah untuk mengatasi gejala stress, depresi dan kelelahan tubuh. Serta berguna untuk mencegah gangguan organ jantung, kerusakan system syaraf, darah rendah (anemia) dan gangguan pada indera pengelihatan. Air kelapa juga serupa dengan ASI karena mengandung asam lauric yang bersifat antibakteri, antimikroba dan anti jamur. Itulah mengapa air kelapa bukan hanya merupakan minuman penyegar tubuh, namun juga dipercaya sebagai obat bagi beberapa keluhan penyakit.