Lezatnya Kecap Air Kelapa

Kecap Air Kelapa
Siapa yang tidak kenal dengan kecap, cairan kental berwarna hitam atau coklat muda hasil proses peragian kedelai yang memiliki aroma dan rasa yang khas. Kecap memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang cukup tinggi. Banyak masakan Indonesia yang menggunakan kecap, sebut saja semur, mi goreng, ayam panggang, sate, nasi goreng dan lain. Selama ini kita hanya mengenal kecap terbuat dari kacang kedelai, padahal bahan baku kecap pun bermacam-macam, ada yang terbuat dari kedelai, ampas tahu, keong sawah dan air kelapa. Nah, pada artikel kali ini blog Air Kelapa Hijau akan mencoba membahas mengenai kecap air kelapa.
 
Proses pembuatan kecap air kelapa sendiri lebih mudah dan lebih cepat dibanding pembuatan kecap dari kedelai. Jika kecap kedelai memerlukan proses fermentasi, maka kecap air kelapa cukup melalui proses perebusan dan pemberian bumbu saja. Bumbu yang digunakan seperti gula merah, kedelai (optional), bawang putih, keluwak, laos, batang serai/sereh, daun salam, penyedap rasa (optional), pengawet (optional), kemiri, pehkak dan wijen.

Air kelapa dapat dibuat menjadi kecap manis dengan menambahkan gula merah dan kecap asin serta gula dan garam sebagai penyedap rasa. Anda dapat membuat sendiri kecap air kelapa rumahan karena prosesnya sangat mudah. Penambahan kedelai bersifat optional, artinya kecap air kelapa dapat diproses dengan atau tanpa kedelai. Berikut langkah-langkah pembuatan kecap air kelapa:

  1. Pertama-tama, saringlah air kelapa yang akan kita gunakan sebagai bahan baku. Penyaringan ini untuk memisahkan air kelapa dari sabut kelapa atau partikel lain yang terbawa dalam airnya.
  2. Rebuslah air kelapa dan  tambahkan bumbu. Jika ingin membuat kecap manis Anda tinggal menambahkan gula merah. Jika ingin membuat kecap asin, bumbui dengan gula dan garam.
  3. Kemudian masukkan bawang putih, keluwak dan kemiri yang telah dihaluskan. Tambahkan pehkak dan wijen sangrai yang telah digiling atau ditumbuk halus. Masak hingga warna larutan air kelapa berbumbu tadi mengental dan berwarna kekuning-kuningan.
  4. Setelah itu, masukkan laos, batang serai dan daun salam. Anda dapat menambahkan penyedap rasa jika diperlukan.
  5. Aduk larutan sampai mengental dan berwarna coklat kehitaman di atas kompor dengan api kecil. Lama pengadukan kurang lebih 2 jam.
  6. Setelah cukup matang dan mengeluarkan aroma yang khas, angkat larutan kecap dan dinginkan. Anda dapat menambahkan bahan pengawet agar lebih tahan lama. Namun penggunaan penyedap rasa dan bahan pengawet tidak disarankan.
  7. Selanjutnya, pindahkan larutan kecap ke dalam botol yang telah dibersihkan dan disterilisasi dengan menggunakan penyaring. Cara mensterilkan botol adalah dengan merebusnya dalam air mendidih selama kurang lebih 15 menit. Kecap siap dikonsumsi.
Jika Anda ingin menggunakan kedelai, pilihlah kedelai bubuk yang telah mengalami proses fermentasi. Kedelai bubuk ditambahkan bersama-sama bumbu ke dalam larutan air kelapa. Selamat mencoba membuat kecap air kelapa!