Mengenal Manfaat Air Kelapa Tua

Manfaat Air Kelapa Tua
Air kelapa muda telah lama menjadi minuman favorit untuk menyegarkan badan. Banyak resep minuman khas Indonesia yang berbahan dasar air kelapa sebut saja es kelapa campur, es teler, dan lain-lain. Hampir sebagian besar air kelapa yang digunakan berasal dari kelapa muda. Selain sebagai minuman segar, air kelapa juga kaya akan vitamin dan mineral. Lalu, apakah nilai jual dan nilai gizi air kelapa hanya milik air kelapa muda saja. Lantas bagaimana dengan air kelapa yang terkandung dalam kelapa tua? Apakah air kelapa tua lebih baik dibuang karena tidak memiliki manfaat sama sekali. Apakah manfaat air kelapa tua setara dengan air kelapa muda?

Ketika memilih buah untuk dijadikan jus buah, manakah yang akan Anda pilih: buah yang masih belum matang atau buah yang sudah tua/matang? Tentu saja Anda akan memilih buah yang sudah matang/tua bukan?? Karena buah yang sudah matang rasanya lebih manis dan kandungan vitaminnya lebih lengkap dibandingkan buah yang masih belum matang. Begitu juga saat kita memilih air kelapa untuk dikonsumsi. Semakin muda buah kelapa yang kita ambil airnya, semakin asam rasanya. Tapi tentu saja jangan memilih air kelapa dari kelapa yang sangat tua, karena semakin tua kelapa semakin rendah kadar gula dalam airnya. Air kelapa tua memiliki kadar gula sebesar 3 persen, sedangkan air kelapa muda sekitar 5 persen. Sehingga rasa air kelapa tua tidak sesegar air kelapa muda. Terkadang air kelapa dari kelapa yang terlalu tua/matang mengandung minyak dan hambar rasa airnya. Ingat, jangan memilih kelapa yang terlalu muda dan jangan yang terlalu tua.

Manfaat air kelapa tua adalah untuk menetralisir panas dalam dan rasa dingin saat masuk angin atau saat cuaca dingin. Hal ini dikarenakan air kelapa tua mengandung energi panas dan energi dingin yang lebih seimbang ketimbang air kelapa muda. Air yang dikonsumsi dari kelapa tua bersifat rendah kolesterol serta mengandung omega-3 dan omega-6. Baik dikonsumsi penderita kolesterol. Air kelapa tua pun bermanfaat untuk memperbaiki fungsi ginjal dan menetralisir racun di dalam organ ginjal. Perlu diingat, kandungan mineral dan vitamin dalam air kelapa tua tidak setinggi nilai mineral dan vitamin dalam kelapa muda. Namun, sebenarnya manfaat air kelapa tua bukanlah sebagai minuman segar seperti halnya air kelapa muda. Air kelapa tua dapat digunakan sebagai bahan baku jelly yang terbuat dari air kelapa yaitu nata de coco. Adakalanya air kelapa tua dimanfaatkan sebagai campuran minum penyegar.